Perpanjang dan Membuat SIM C di POLRES Karanganyar

Hay Sobat, terima kasih telah menyempatkan diri untuk membaca artikel di blog saya ini.
Kali ini saya akan share tentang cara membuat SIM dan Perpanjang SIM di POLRES Karanranganyar.

Hari ini, Senin, 22-Desember-2014 saya memutuskan untuk memperpanjang masa berlaku SIM C saya yang sudah habis tanggal 28 Oktober 2014 kemarin, sekalian menemani istri saya membuat SIM C  baru di POLRES Karanganyar. Seperti yang kita ketahui SIM C adalah syarat wajib yang harus dimiliki setiap pengendara motor di jalan raya bagi anda yang sudah Dewasa.

Jam 8 lebih saya berangakat dari desa saya, di daerah Jatiyoso tepatnya, dengan memacu motor berkecepatan santai dan sambil mampir ke Jatipuro juga untuk FotoCopy, dan akhirnya sekitar jam 10 saya sampai di POLRES Karanganyar, dan ternyata antrian sudah membludak, sampai mau parkir motor saja susah.

Berikut beberapa POIN penting yang perlu anda perhatikan jika mau membuat SIM atau Memperpanjang SIM :


  1. Datang lebih awal, biasanya POLRES mulai melayani jam 08.00,
    untuk alternantif bisa datang jam setengah 12, biasanya jam segitu antrian tidak terlalu banyak.
    *** : saya sarankan berangkat pagi, Lebih Cepat, Lebih Baik !!!
  2. Siapkan semua berkas,
    - Jika anda membuat SIM baru siapkan Fotocopy KTP anda minimal 4 Lembar
    - Jika memperpanjang, siapkan juga Fotocopy KTP dan SIM lama, masing-masing minimal 4 Lembar
    - Siapkan juga Bolpoint dan Map
    *** : saya sarankan persiapkan dari rumah atau pas di jalan, karena jika anda fotocopy di polres biasanya antrinya banyak, akan menambah lama proses pembuatan SIM anda.
  3. Ketika sampai di POLRES, jangan langsung ke loket, karena yang pertama harus anda lakukan adalah cek kesehatan mata / KIR, kalau di Polres Karanganyar letaknya di samping gerbang masuk.
    Di sini biasanya antrinya menumpuk,
    *** : jangan salah ruang, biasanya di sebelah Ruang KIR ada ruang Asuransi AKDP yang diwajibkan membayar Rp. 31.000; (*22-12-2014), jika anda tidak berniat membuat asuransi AKDP langsung aja ke tempat Cek kesehatan
    - Cek kesehatan sendiri dikenakan biaya Rp. 25.000; (*22-12-2014)
  4. Setelah cek kesehatan, dan dinaytakan sehat, dan setelah membayar tentunya, anda kan mendapat secarik kertas yang harus anda bawa untuk pembayaran pembuatan SIM, silahkan bawa kertas tersebut ke Bank BRI, kalau di Karanganyar BRI untuk pembayaran tersebut ada di sebelah ruang Cek Kesehatan.
    - untuk pembuatan SIM C baru anda harus membayar Rp. 100.000; (*22-12-2014)
    - untuk memperpanjang SIM C anda harus membayar Rp. 75.000; (*22-12-2014)
    - untuk SIM A, B dan BPKP berbeda pula nominal pembayarannya.
  5. Setelah Cek Kesehatan dan Bayar Biaya di BRI silahkan menuju Loket di dalam Polres, biasanya untuk Pembuatan SIM baru di Loket 1 dan untuk memperpanjang di Loket 2, setelah sampai di Loket serahkan Map yang sudah berisi Fotocopy KTP, FC SIM, Lembar Pernyataan Sehat dar Ruang Cek Kesehatan tadi dan Struk pembayaran dari BRI tadi, setelah itu anda akan diberi formulir yang harus anda isi, biasany auntuk pembuatanSIM baru pengisian Formulir sekalian diisi saat Test Tertulis.
  6. Jika anda memperpanjang, setelah mengisi formulir anda bisa langsung menyerahkan Map lengkap anda tadi ke Loket Penyerahan Formulir dan anda tinggal menunggu dipanggil untuk sesi Foto dan Verifikasi Data, anda tidak perlu mengikuti test tertulis dan ujian praktik lagi.
  7. Jika anda membuat SIM baru, setelah menyerahkan MAP, anda silahkan menunggu panggilan untuk masuk ruang pencerahan, kemudian mengisi formulir dan mengikuti Test Teori, biasanya dipanggil setiap sesi 30 Orang.
  8. Jika anda Lolos Test Teori anda berhak untuk Lanjut ke ujian Praktik 1, tapi jika anda tidak lolos test teori atau tertulis maka anda kan disuruh kembali mengulan sekitar 1 minggu lagi.
  9. Dalam Ujian Praktik 1, usahakan anda tenang, biasanya di ujian ini anda akan diminta mengikuti rute yang membentuk angka 8 sebanyak 3 kali dengan garis yang sangat sempit, biasanya sih banyak yang gagal, tapi jangan menyerah dulu ya sob,anda diberi 3 kesempatan untuk melakukannya, yakin saja pasti bisa.
    jika anda tidak lolos ujian praktik 1 ini, anda akan disuruh mengulang minggu depannya lagi.
  10. Jika anda lolos ujian praktik 1, jangan senang dulu, karena masih ada ujian praktik 2, biasanya lebih sulit, tapi mayoritas yang lolos ujian praktik 1 belum tentu lolos ujian praktik 2, jika anda lolos ujian praktik 2 anda tinggal menyerahkan lembar penilaian test tadi ke petugas dan anda tinggal menunggu untuk panggilan foto, tapi jika anda gagal anda harus mengulang 1 minggu lagi.
  11. Setelah Foto dan Verifikasi Data anda tinggal menunggu sebentar dan SIM anda pun sudah jadi.
  12. Semoga berhasil ya Sob, dan jangan malu bertanya jika ada yang masih bingung.

UPDATE INFO :
- Perpanjang SIM paling capat sebelum 2 minggu masa berlaku dan paling lambat saat tanggal habis masa berlaku. Silahkan baca :

Terima Kasih.

No comments:

Post a Comment