Jakarta Ke Cikarang PP Naik Saja Angkutan 59

Transportasi di jaman sekarang ini sangat banyak macam dan tarifnya, apalagi di kota-kota besar, khususnya daerah JaBoDeTaBek.

Nah di kesempatan kali ini, saya akan mencoba mengulas salah satu angkutan yang mempunyai rute dari UKI Jakarta ke Cikarang Jababeka PP.


Jika anda sering berpergian dari cikarang ke jakarta atau jakarta ke cikarang, maka anda sepertinya perlu mencoba angkutan berjenis ELF berwarna Orange kemerah-merahan dengan Rute 59.

ELF 59 ini kalau di Jakarta biasa menaikkan penumpang di dekat KEMHAN, tepatnya terowongan sebelum UKI kalau dari arah Jatinegara. tepatnya dikiri jalan. Sedangkan kalau di Cikarang tempat pemberhentiannya adalah Depan Gerbang Tol Cikarang Barat, tepatnya Sebelah Fly Over.

Jangan pernah mencoba memberhentikan angkutan ini di tempat lain , karena biasanya Elf 59 ini hanya menaikkan penumpang dari satu tempat saja.

ELF 59 ini diatur sedemikian rupa sehinggan bisa memuat sekitar 23 Orang termasuk Sopir, jadi khusus penumpang berjumlah 22 orang, 2 orang duduk di depan tepatnya sebealh supir, 2 orang duduk bagian kiri di sebeah pintu, 5 orang duduk di sebelah kiri belakang, 5 orang duduk di tengah, 8 orang duduk di sebelah kanan, Saya sarankan jika naik angkutan ini jangan terlalu banyak membawa barang karena susah untuk menaruh barang berkapasitas atau bervolume besar.

Tidak ada Kernet di angkutan ini, untuk mengumpulka pembayaran salah satu dari 22 penumpang ini bisa bertugas menjadi Kernet Dadakan, saya sendiri juga kadang ikut membantu kernet dadakan tersebut, dan sesuai kesadaran para penumpang bisa membayar ongkos ke Kernet tersebut untuk dikumpulkan kemudian diberikan kepada Supir Elf tersebut, khusus penumpang di bagian depan alias di samping supir bisa langsung memberikannya kepada Supir.

Untuk tarif angkutan ini sampai saya menulis postingan ini (14 Maret 2015) masih Rp. 11.000; per orang, jadi total sekitar 22 penumpang tersebut jika dikumpulkan adalah Rp. 242.000;.

Uniknya lagi, angkutan ini biasanya hanya berangkat jika penumpang sudah terpenuhi, alias penumpang sudah berjumlah 22 orang, walaupun lama biasanya ditunggu, tapi tak jarang juga adanya yang bersedia memenuhi kekurangan tersebut, misal penumpang baru 21 orang, jika ada yang buru-buru dia bersedia membayar ongkos double untuk menutupi kekurangan tersebut maka mobil juga akan langsung berangkat. Begitu juga walaupun hanya ada 11 atau 10 orang tapi bersedia membayar ongkos untuk 22 orang tersebut makan mobil juga akan segera jalan.

Untuk Rute adalah :
Jakarta - Cikarang : Uki (dekat kemhan sebelum terowongan), pemberhentian tol  jatibening(jika ada yang turun di situ), langsung keluar di Tol Cikarang Barat, menuju Putaran di Jababeka 2, menuju Poll 59.
Begitu juga rute sebaliknya.

Waktu : biasanya jam 05.00 pagi sampai 23.00 malam

Kalau dari Jakarta Biasanya Paling Malam Jam 9 sampai Jam 10

Sekian ya info angkutan tentang ELF 59 ini.

Update :
Kalau Di Jakarta tempat / pollnya dekat KEMHAN, kalau dari arah jatinegara sebelum terowongan UKI, setelah lampu merah penas kalimalang, kalau dari arah cililitan putar arah dulu di putaran arah bawah fly over sebelum penas kalimalang

Semoga bermanfaat, Terima Kasih.

3 comments:

  1. Untuk 59 ini..klo dari cikarang poll ny dimana yah mas?thx before

    ReplyDelete
  2. Di bawah kolong tol cikarang barat.

    ReplyDelete
  3. Ini nggak 24 jam ya??? Hanya sampai Jam 23:00 pas???
    Tolong infonya. Butuh banget angkutan 24 jam saat kerja masuk siang

    ReplyDelete